Tentang Service Desk
Aplikasi Service Desk merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan keluhan, kendala, permintaan bagi civitas akademika Institut Teknologi Telkom Surabaya yang ditujukan kepada unitTentang Service Desk/fakultas di Institut Teknologi Telkom Surabaya dengan menyediakan informasi atau solusi yang dibutuhkan oleh pengguna.
Alur input Tiket
Pengguna yang akan menyampaikan keluhan atau permintaan dapat mengisi tiket dengan langkah – langkah sebagai berikut :
Tahap 1
Mengakses Aplikasi igracias http://igracias.ittelkom-sby.ac.id/.
Tahap 2
Login menggunakan user akun iGracias masing-masing.
Tahap 3
Pilih grup pengguna sesuai posisi masing-masing pengguna, untuk pegawai pilih grup pengguna sebagai pegawai dan untuk mahasiswa pilih grup pengguna sebagai mahasiswa.
Tahap 4
Buka menu Servicedesk → Ticketing → Input Tiket

Tahap 5
Mengisi keluhan / permintaan pada form yang telah disediakan
Cara Mengisi :
a. Tujuan : Pilih “Permintaan” jika yang akan diinput adalah pertanyaan atau permintaan dan pilih “Tiket Insiden” jika yang akan diinput adalah keluhan.
b. Kategori : Pilih unit yang dituju
c. Layanan : Pilih categori layanan yang ditanyakan / dikeluhkan
d. Deskripsi : Masukkan penjelasan dari pertanyaan / keluhan anda dengan jelas.
e. Lampiran : Anda dapat menyertakan lampiran untuk lebih memperjelas deskripsi pertanyan atau keluhan anda bila ada.
Cara Mengisi :
a. Tujuan : Pilih “Permintaan” jika yang akan diinput adalah pertanyaan atau permintaan dan pilih “Tiket Insiden” jika yang akan diinput adalah keluhan.
b. Kategori : Pilih unit yang dituju
c. Layanan : Pilih categori layanan yang ditanyakan / dikeluhkan
d. Deskripsi : Masukkan penjelasan dari pertanyaan / keluhan anda dengan jelas.
e. Lampiran : Anda dapat menyertakan lampiran untuk lebih memperjelas deskripsi pertanyan atau keluhan anda bila ada.

Tahap 6
Status Tiket Setelah di Input, Setelah klik tombol “Tambah” maka anda dapat melihat status tiket anda pada menu “Lihat Progress Tiket”. Disini dapat dilihat status tiket saat baru diinputkan adalah “Belum di proses”.

Tahap 7
Jika Tiket sedang diproses atau dikerjakan oleh pihak yang berkepentingan, maka pengguna dapat melihat perubahan status tiketnya dari “Belum di proses” menjadi “Sedang di proses”

Tahap 8
Saat tiket telah selesai diproses dan dinyatakan telah selesai oleh pihak yang berkepentingan, maka pengguna dapat melihat tiketnya pada menu “Lihat Tiket Yang Sudah Ditutup”.

Tahap 9
Setelah tiket ditutup, pengguna dapat memberikan rating penilaian terhadap layanan yang telah diberikan dalam penyelesaian keluhan atau permintaan yang sampaikan dalam bentuk tiket. Penilaian ini merupakan bentuk kepuasan atau kekecewaan pengguna. Penilain diberikan dalam bentuk pemberian Bintang dan ulasan.
Informasi Tambahan
Berikut daftar Pilihan Kategori dan Layanan yang disediakan dalam aplikasi Service Desk.
KategoriLayanan